Selasa, 24 Maret 2015

Mathematic’s horrible? That’s totally wrong!

 Hai, jomblo balik lagi nih! Kali ini gue mau bahas tentang matematika. Kenapa gue mau bahas tentang matematika? Ya, karena gue suka matematika sedangkan orang lain malah sebaliknya. Semua pada bilang matematika itu mengerikan dari mulai teman sekelas, teman les, teman SD, teman TK, teman Paud, 2 dari 3 idola gue, dan mungkin lo yang sekarang lagi baca artikel gue. Parahnya, Cuma adik gue aja yang bilang matematika itu asik! Ya jadi kesimpulannya, pendukung gue cuma satu *kampanyegagal.
 
        Oke langsung aja, hm Matematika? Banyak banget yang bilang matematika itu menyeramkan, apalagi gurunya! Kalau buat matematikanya jujur banget disini jomblo nggak setuju. Kalau gurunya sih, gatau(?)


        Matematika memang butuh pemikiran yang sedikit ‘Memakan Waktu’ bila dibanding dengan pelajaran-pelajaran lain. Meskipun begitu, bukan berarti mengerjakan matematika harus lama kalau mau benar. Caranya? Nah, disini gue kasih tau beberapa cara mudah buat ngadepin matematika.

1. Pahami rumus, Jangan cuma hafal!
      Ini penting! Percuma aja kalau lo hafal rumusnya tapi gatau maksud dari rumus tsb beserta pengembangannya. Banyak kejadian yang fatal akibatnya cuma gara-gara menghafal rumus.  Contoh, lo sudah hafal banget sama rumus y-y1/y2-y1=x-x1/x2-x1 tapi lo belum paham apa maksud dari y, y1, y2, x, x1, x2 itu sendiri dan cara penyelesaiannya. Percuma kan kalau cuma hafal tapi nggak paham? Jadi, paham rumus itu penting. Bukan cuma sekedar hafal.
2. Sering berlatih
        Ini lanjutan dari cara 1. Jadi kalau lo sudah paham rumus cobalah untuk evaluasi. Kira-kira bagian mana yang belum lo kuasai. Dari sini lo bakalan paham betul maksud dari soal-soal yang lo kerjain, dan dijamin bakalan bisa kalau lo nemu jenis soal yang sama di kemudian hari.
3. Kaitkan matematika dengan hal yang lo sukai
      Matematika juga bisa asik. Selain itu kita bisa pake matematika sebagai jembatan penyeimbang antara otak kiri dan otak kanan dengan cara mengaitkan rumus dengan hal-hal yang kita suka dan memungkinkan kita untuk mengingatnya dalam waktu yang lama Misalnya, gue punya rumus Sn : 1/2n(2a+<n-1>b) rumus yang kayak gini sedikit memakan waktu untuk diingat. Coba lo kaitkan sama nama artis kesukaan lo misalnya (S)ele(n)a : 1/2 kali (n)ormani kali (2 kali austin + <(n)ormani – 1> kali (b)ieber) Itu cuma contoh, ga cuma nama artis doang. Nama makanan atau nama gebetan lo juga boleh kok asalkan apa aja yang lo suka dan bisa membuat mood lo buat belajar matematika naik seketika.
4. Bersugesti
      Ini yang paling penting! Kita harus bersugesti bahwa matematika itu hanya angka. Angka yang tidak punya kehidupan. So, kita kan hidup masak nggak bisa ngalahin yang nggak hidup? Nah, selain itu bersugesti lah kalau lo bisa mengerjakan matematika bagaimana pun jenis soalnya. Ingat guys, bersugesti bukan berarti lo hanya mengeluarkan sugesti tanpa mempelajari materi apapun. Belajar itu penting karena prestasi berawal dari belajar.
Oke, gue rasa cukup sampai disitu aja. Semoga setelah baca artikel gue jadi pada suka matematika hehe. Thanks for reading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar