Minggu, 15 Februari 2015

6 MACAM OLAH RAGA AIR

1.rEfTINg












 Rafting atau arung jeram adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam. Tentu ada aspek rekreasi olah raga tantangan ini karena lokasi rafting biasanya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang tenang. Yang pasti, kegiatan rafting membuat peserta menjadi fresh dan penuh kegembiraan. Dalam

Kegiatan arung jeram atau Rafting ini bisa berdiri sendiri atau merupakan gabungan dari kegiatan pelatihan sdm (outbound training) dan flying fox yang biasa kami lakukan di area base camp. Bisa dinikmati oleh anak mulai usia 8 tahun sampai 50 tahun tergantung kesiapan fisik dan

 

 
2.poLLo aIr





Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat dianggap sebagai kombinasi renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Satu tim bertanding terdiri dari dari enam pemain dan satu kiper. Tujuan permainan menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin.
Olah raga Polo air merupakan cabang olahraga yang sudah cukup lama dipertandingkan di Indonesia, bahkan cabang olahraga ini sudah dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional Pertama (PON-I) diselenggarakan, hingga pertandingan multi-event regional, nasional maupun internasional (Sea Games, Asian Games, Olympic Games & World Championships) sampai saat ini.Indonesia, polo air sudah dikenal semenjak tahun 1908 dan berkembang di era tahun 1950 s/d 1960-an, di era ini perkembangan olahraga polo air Indonesia berkembang dengan baik sehingga cukup diperhitungkan di tingkat Asia bahkan di dunia. Tim polo air Indonesia banyak mengikuti event internasional seperti GANEFO, Kejuaraan Asia & tidak pernah absen mengikuti Asian Games tahun 1954. 1958, 1962. 1966 dan terakhir Asian Games pada tahun 1970. Bahkan prestasi tim polo air Indonesia dapat dinilai sangat baik. Memasuki tahun 1980 sampai dengan 1999 olahraga ini tidak berkembang dengan baik, Indonesia hanya mengirimkan tim polo air sebatas keikut sertaan di Sea Games. (Tabel Hasil Sea Games & Kejuaraan Asia, Asian Games dapat dilihat dibawah ini)
Baru memasuki era tahun 2000, terdapat 9 propinsi yang telah melakukan pembinaan cabang olahraga polo air, seperti propinsi Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah & DKI Jakarta. Cabang olahraga inipun mengalami banyak perubahan didalam peraturan & berkembang sangat pesat di dunia. Indonesia yang tadinya cukup diperhitungkan di negara Asia hanya ikut berpartisipasi di Sea Games.


3.sUrfing






Olahraga kite surfing atau seluruncur dengan layang-layang atau biasa juga disebut selancar air. Olahraga memang memerlukan keberanian, tenaga besar, serta ketahanan fisik. Olahraga ini memiliki banyak trik yang dapat dilakukan oleh para peselancar.

Teknik-teknik tersebut di antaranya berjalan di atas air sampai lompat setinggi-tingginya. Sebelum memulai olahraga ini, terlebih dahulu menyesuaikan layang-layang dengan panjang 12 sampai dengan 16 meter dengan kuatnya embusan angin.

Layang-layang dibentangkan dan diisi udara di bagian rangka layang-layang. Kemudian, dihubungkan dengan tali sepanjang 30 meter untuk menarik si peselancar. Setelah layang-layang terangkat dan terhung dengan sabuk pengikat badan, barulah dibawa ke pantai dengan membawa papan seluncur.

 
4.meNyeLam





hampir satu abad yang lalu, olahraga menyelam masuk sebagai ajang baru yang diperlombakan. Program hingga pada tahun 1996 pun tidak berubah sama sekali dari program tahun 1924. Pada Olimpiade Sydney tahun 2000, diperkenalkan kategori selam berpasangan.

Menyelam sendiri mulai berkembang di Eropa abad 17, ketika para pesenam berlatih akrobat mereka di dalam air. Memadukan keindahan dengan olahraga dan keberanian, para atlet terjun dengan kecepatan 55 km per jam, hal tersebut menjadi ajang yang menarik dalam Olimpiade. Pada tahun 1988, Greg Louganis dari Amerika yang dianggap sebagai penyelam terbaik sepanjang sejarah olahraga air, mendapatkan luka di bagian kepala setelah membentur papan loncat ketika melakukan loncatan. Louganis pun memenangkan emas setelah menerima beberapa jahitan.Peserta melakukan beberapa lompatan dengan nilai dari 1 – 10

 sistem penilaian bergantung pada keanggunan dan keahlian peserta. Nilai-nilai tersebut akan disesuaikan berdasarkan tingkat kesulitan, jumlah dan jenis manuver yang dilakukan seperti salto satu setengah kali dengan putaran tiga setengah kali merupakan salah satu maneuver yang paling sulit untuk dilakukan. Penilaian dilakukan berdasarkan jarak dari papan loncat ke kolam, kecepatan putaran dan cara terjun ke permukaan air.


 
5.rENaNg INDaH





Renang indah terlihat sebagai cabang olahraga yang paling mudah namun ternyata cabang olahraga ini membutuhkan kekuatan, stamina, kelenturan, keanggunan dan artistik serta kemampuan luar biasa untuk mengendalikan pernafasan.
 Tidak diperlukan alat-alat khusus bagi para perenang namun bukan berarti mudah. Mereka harus melakukan gerakan-gerakan yang sulit di dalam air sambil menahan nafas mereka. Penjepit hidung digunakan untuk mencegah air masuk ke hidung dan membuat para perenang bisa bertahan lebih lama di bawah air. Gel tertentu digunakan pada rambut hingga rambut mereka tidak berantakan dan sedikit make up tahan air. Yang paling utama adalah speaker di bawah air supaya para perenang bisa mendengar musik ketika mereka sedang menyelam.
 Pada awalnya, lebih dikenla dengan balet air, renang cantik mulai diperkenalkan di Kanada pada tahun 1920an. Kemudian menyebar hingga ke Amerika pada tahun 30an dan mulai dipertontonkan pada masyarakat pada tahun 1934 di Chicago World Fair yang kemudian menimbulkan banyak komentar positif. Olahraga ini semakin terkenal ketika Esther Williams (aktris dan perenang) tampil dengan diiringi orchestra MGM dengan judul "Aqua Musicals" pada tahun 40-50an.
 Dari tahun 1948-1968, renang cantik hanya dipertunjukan dalam Olimpiade. Baru pada tahun 1984 di Los Angeles, mulai dipertandingkan. Cabang olahraga ini diperuntukan hanya untuk wanita saja dengan dua kategori: duet dan tim. Kedua kategori termasuk kelas bebas dan kelas teknis, masing-masing diiringi dengan musik dan dibatasi oleh waktu.


 
6.BaNaNa BoAT








 Banana boat adalah sejenis perahu karet tanpa mesin yang berbentuk seperti pisang dan digunakan untuk tujuan rekreasi. Perahu pisang bisa melaju dengan ditarik oleh perahu bermesin. Perahu ini ditemukan oleh Glenn Matthews pada akhir 1980-an. Model yang berbeda biasanya mampu dinaiki tiga sampai sepuluh

orang. Mereka duduk di tabung utama sementara kaki mereka diletakkan di kedua tabung yang berada di samping perahu dan berguna untuk menstabilkan perahu. Perahu ini umumnya berwarna kuning, sesuai warna pisang. Orang yang menaiki perahun ini harus selalu mengenakan baju pelampung untuk alasan keselamatan.

1 komentar:

  1. Terimakasih gan, olaraga air yang bisa aku lakuin sekarang kaya'nya baru renang di sungai aja deh. Hehee, maklum, anak desa.

    BalasHapus